USDCAD Bullish Karena Arah Risiko Belum Jelas, Menunggu Katalis Utama Global

USDCAD Bullish Karena Arah Risiko Belum Jelas, Menunggu Katalis Utama Global

Baru-baru ini pasangan mata uang USDCAD mengalami pembalikan dari level paling rendah harian di sekitar nilai tukar 1,3480 saat sesi awal Asia hari Kamis ini (4/6). Namun meski USDCAD bullish secara luas, para penjual sempat kembali mendominasi dan membuat pasangan turun ketika sampai di nilai tukar 1,3520. Pergerakan selanjutnya akan terus diawasi oleh para investor.

Apalagi tampaknya untuk waktu-waktu Asia, pasangan masih belum akan memberikan kepastian arah gerak. Karena ada banyak acara utama yang sedang ditunggu oleh para investor. Bank sentral Eropa nanti sesi Eropa akan melangsungkan pertemuan dalam pembahasan masalah kebijakan moneter. Selain itu AS juga akan merilis data klaim pengangguran awal.

Sayangnya sampai saat ini USDCAD bullish lebih disebabkan oleh adanya momentum pembalikan disekitar mata uang Dolar AS. Sementaa itu arah sentimen risiko masih belum pasti walaupun sebelumnya Presiden Trump menahan diri tidak memberikan komentar negatif terkait China. Apalagi Trump juga mengatakan tidak akan menggunakan kekuatan militer untuk mengatasi demonstrasi di beberapa kota di AS yang rusuh.

Baca Juga : Rupiah ditutup berotot kemarin, simak proyeksinya untuk hari ini, Rabu (3/6)

Dukungan USDCAD bullish saat ini juga datang dari arah imbal hasil obligasi Treasury AS 10 tahun yang kehilangan kenaikan 1,7 basis poin. Ketidakjelasan arah risiko menyebabkan pasangan masih belum memiliki keputusan pergerakan yang jelas. Walaupun risk off melemahkan yield Treasury, tapi saham Jepang dan Australia justru mencatatkan kinerja yang positif sepanjang sesi awal Asia.

Para investor sepenuhnya akan menunggu bagaimana arah sentimen risiko selanjutnya. Mengingat beberapa acara utama seperti ECB dan rilis data ekonomi utama AS akan menjadi penggerak. Selain itu pidato dari Mr. Gravelle dari BoC juga akan memberikan dorongan tambahan bagi pasangan dalam pergerakan hari ini.