You are currently viewing Employment Change New Zealand Pulih, NZD/USD Melonjak

Employment Change New Zealand Pulih, NZD/USD Melonjak

  • Post author:
  • Post category:News

Kenaikan data Employment Change mencerminkan pulihnya aktivitas ekonomi New Zealand dari dampak pandemi sehingga mendorong terjadinya penurunan tingkat pengangguran dan upah pekerjan yang meningkat.

Pada hari Rabu (03/Februari), Biro Statistik New Zealand mempublikasikan data Employment Change yang meningkat 0.6 persen pada kuartal IV 2020. Angka ini berada diatas ekspektasi untuk pertumbuhan lapangan kerja sebesar 0.1 persen dalam jajak pendapat ekonom sebelumnya. Data pada kuartal III juga direvisi naik dari -0.8 persen menjadi -0.7 persen.

Data Employment Change yang terbilang positif itu mencerminkan sektor ketenagakerjaan negeri Kiwi berangsur pulih akhir tahun lalu, setelah sebelumnya pada kuartal kedua dan ketiga menurun hingga berada di zona negatif akibat dari pandemi. Kenaikan lapangan kerja sebesar 0.6 persen itu berdampak terhadap membaiknya Employment Rate yang meningkat 0.4 persen menjadi 66.8 persen pada kuartal IV dari keseluruhan populasi di New Zealand.

Di samping itu, kenaikan Employment Change tentu berdampak langsung terhadap penurunan tingkat pengangguran New Zealand yang tercatat menurun dari 5.3 persen menjadi 4.9 persen pada kuartal IV. Data tingkat pengangguran pagi ini berhasil mematahkan ekspektasi ekonom sebelumnya yang memprediksi akan naik menjadi dari 5.3 persen menjadi 5.6 persen.

Meski tingkat pengangguran telah berangsur turun, namun manager statistik berpendapat bahwa rate saat ini masih cukup tinggi apabila dibandingkan dengan tingkat sebelum terjadinya pandemi. “Efek COVID-19 pada sektor tenaga kerja terlihat jelas pada kuartal September, dengan peningkatan tajam pengangguran. Meskipun terjadi penurunan pada kuartal Desember, pengangguran masih lebih tinggi daripada beberapa tahun yang lalu. Sebagai perbandingan, tingkat pengangguran kuartal IV 2019 berada pada 4,1 persen”, kata Becky Collett, Manager Senior Statistik New Zealand.

Penurunan  tingkat pengangguran yang diikuti oleh kenaikan Employment Rate kerja mencerminkan sektor ketenagakerjaan New Zealand semakin ketat. Alhasil, kondisi ini mendasari kenaikan tingkat upah pekerja sebesar 1.6 persen pada kuartal IV tahun lalu. Upah yang meningkat tentu saja akan berpengaruh terhadap kenaikan inflasi, salah satu indikator ekonomi yang sangat diperhatikan oleh RBNZ sebelum mengambil kebijakan moneter.

NZD/USD Berusaha Hapus Kerugian

Secara garis besar, rilis data ketenagakerjaan New Zealand pagi ini cukup impresif sehingga berdampak signifikan terhadap pergerakan dolar NZ melawan greenback. Pada saat berita ini diturunkan, pair NZD/USD berada di kisaran 0.7194 atau berusaha menghapus kerugian yang diderita pada sesi sebelumnya ditengah sentiment risk-off yang menopang greenback dalam beberapa hari terakhir.