You are currently viewing Notulen Rapat RBA Tetap Optimis, AUD/USD Justru Melemah Tipis

Notulen Rapat RBA Tetap Optimis, AUD/USD Justru Melemah Tipis

  • Post author:
  • Post category:News

Secara garis besar notulen RBA menyimpulkan optimisme pemulihan ekonomi domestik dan global akan terus berlanjut dalam beberapa bulan kedepan, namun prospek yang lebih panjang masih berliku dan tidak pasti.

Pada hari Selasa (16/Maret), Bank Sentral Australia mempublikasikan notulen rapat bulan Maret yang secara garis besar tetap mempertahankan outlook positif terhadap prospek pemulihan ekonomi domestik dan global. Dewan RBA memulai diskusi mereka dengan menyoroti keberhasilan proses vaksinasi yang dilakukan di banyak negara maju, namun juga menyoroti kendala distribusi vaksin yang terjadi di negara berkembang.

Pembuat kebijakan RBA mencatat bahwa perekonomian global akan mendapatkan kembali momentum pemulihan dalam beberapa bulan mendatang setelah sempat melambat di bulan Januari akibat kekhawatiran terhadap virus Corona varian baru. Meski demikian, prospek lebih jauh masih menunjukkan kemungkinan jalan pemulihan ekonomi yang panjang dan berliku.

Dewan RBA juga menyoroti kenaikan harga komoditas yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir yang dipicu oleh peningkatan permintaan terutama dari China dan sejumlah negara Asia. Di samping itu, lonjakan harga minyak akibat cuaca dingin turut mendorong prospek kenaikan inflasi di banyak negara. Kenaikan harga komoditas global tidak terlepas dari stimulus fiskal yang dilakukan oleh banyak negara di dunia sehingga mengenjot aktivitas ekonomi.

Beralih ke domestik, pembuat kebijakan RBA sepakat bahwa pasar tenaga kerja Australia sudah semakin pulih secara bertahap. Kondisi sektor ketenagakerjaan Australia saat ini hanya berada 0.5 persen dibawah tingkat pra-pandemi. Pemulihan pasar tenaga kerja Australia tidak terlepas dari dukungan stimulus fiskal RBA yang sangat ekspansif dalam beberapa bulan terakhir. Namun sejatinya, sektor ketenagakerjaan Australia berpotensi menghadapi ketidakpastian saat program JobKeeper berakhir.

Sementara itu, pertumbuhan upah pekerja dinilai masih lamban pada level 1.4 persen secara tahunan hingga kuartal IV tahun 2020. Oleh sebab itu, dewan RBA sepakat bahwa tingkat pengangguran harus turun lebih lanjut untuk mendorong trend upah lebih dari 3 persen yang pada akhirnya akan memacu inflasi menuju target RBA selama ini.

AUD/USD Tertekan

Rilis notulen rapat RBA bulan Maret sejatinya telah diantisipasi oleh pasar sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap pergerakan dolar Australia melawan greenback. Pada saat berita ini ditulis, pair AUD/USD berada di kisaran 0.7745 atau melemah 0.11 persen secara harian. Selanjutnya fokus investor tertuju pada pengumuman kebijakan moneter The fed pada hari Rabu besok. Pesan yang akan dilontarkan The Fed kemungkinan masih dovish setelah pada pertemuan terakhir mengatakan bahwa tidak berencana melakukan rate hike sebelum 2023.