You are currently viewing Dollar Aussie Menguat Akibat Kenaikan Kepercayaan Konsumen Australia

Dollar Aussie Menguat Akibat Kenaikan Kepercayaan Konsumen Australia

  • Post author:
  • Post category:News

Lonjakan indeks kepercayaan konsumen karena didukung oleh perbaikan pasar perumahan dan sektor ketenagakerjaan Australia yang terjadi beberapa bulan terakhir. Dolar Australia pun bergerak menguat,memanfaatkan pelemahan greenback.

Pada hari Rabu (14/April), Biro Statistik Australia mempublikasikan data Kepercayaan Konsumen yang meningkat 6.2 persen atau dari 111.8 menjadi 118.8 di bulan April. Indeks kepercayaan konsumen Australia berdasarkan survey yang dilakukan Westpac Banking pagi ini sekaligus menorehkan pencapaian tertinggi sejak Augustus 2010, mencerminkan prospek rebound perekonomian tahun ini akan berjalan dengan cepat.

Secara garis besar, lonjakan indeks kepercayaan konsumen Australia bulan April didukung oleh semakin tumbuhnya optimisme di tengah pasar perumahaan yang kian kokoh. Harga rumah di Australia telah menguat sebesar 5.8 persen sepanjang tahun ini. Di samping itu, sektor ketenagakerjaan juga terus membaik yang mendasari lonjakan indeks kepercayaan konsumen dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam rincian data kepercayaan konsumen bulan April, terlihat jelas bahwa terjadi kenaikan cukup signifikan pada hampir semua sub indeks seperti kondisi keuangan saat ini dibandingkan tahun lalu naik dari 91.3 menjadi 103.5 di bulan April. Sementara itu, sub indeks kondisi keuangan 12 bulan mendatang juga mengalami kenaikan dari 111.6 menjadi 117.6 di bulan April.

Lebih jauh mengenai prospek ekonomi di masa depan terlihat adanya lonjakan cukup signifikan, tercermin dari kenaikan sub-indeks kondisi ekonomi 12 bulan mendatang yang naik dari 113.8 menjadi 125.5 di bulan April. Sedangkan, sub-indeks kondisi ekonomi 5 tahun mendatang juga mengalami kenaikan dari 118.9 menjadi 123.8 di bulan April.

AUD/USD Menguat Terbatas

Rilis data indeks kepercayaan konsumen Australia pagi ini sedikit banyak mampu menopang pergerakan dolar Australia terhadap greenback, tercermin pada pair AUD/USD yang berada di kisaran 0.7646 atau menguat 0.11 persen dari harga open harian. Dolar Australia juga diuntungkan atas pelemahan greenback meski data inflasi AS tadi malam berhasil melampaui ekspektasi.

Analis melihat pelemahan greenback ditengah lonjakan inflasi lebih disebabkan oleh pandangan bahwa meski inflasi meningkat namun diperkirakan The Fed tetap akan mempertahankan kebijakan longgar hingga beberapa tahun mendatang.

“Itu (rilis data Inflasi) tidak akan mengubah prospek The Fed untuk berada di jalur suku bunga rendah dalam waktu yang cukup lama… Kami cenderung melihat lonjakan inflasi ini hanya bersifat sementara sebelum akhirnya kembali bergerak lebih rendah”, kata Joe Manimbo, analis pasar Western Union Business Solutions di Washington.