GBP/USD tetap Defensif di Atas 1,2400, Fokus pada Inflasi AS, Bailey BoE dan Risalah Rapat The Fed

  • GBP/USD berusaha keras untuk melanjutkan pemulihan hari sebelumnya dari level terendah satu minggu, datar akhir-akhir ini.
  • Penjualan perumahan Inggris yang optimis, pertumbuhan tenaga kerja bergabung dengan pembicaraan Fed yang beragam untuk menjaga harapan para pembeli Cable.
  • Dukungan IMF untuk tindakan bank sentral yang hawkish, sentimen yang berhati-hati menjelang pembicaraan Brexit Pemimpin AS-Inggris di Irlandia Utara mendorong kenaikan.
  • IHK AS untuk bulan Maret, Risalah Rapat FOMC akan sangat penting di tengah surutnya spekulasi hawkish pada kenaikan suku bunga The Fed di bulan Mei.

GBP/USD bergerak di dekat 1,2415-20 karena para pembeli berusaha keras untuk mempertahankan kendali selama jam-jam awal hari Rabu. Dengan demikian, pasangan Cable mendukung pelemahan Dolar AS secara luas, serta fundamental Inggris yang optimis, sekaligus menggambarkan sentimen yang berhati-hati menjelang Indeks Harga Konsumen (IHK) AS untuk bulan Maret dan Notulen Rapat Kebijakan Moneter Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) terbaru. Yang juga penting untuk diperhatikan adalah pidato dari Gubernur Bank of England (BoE) Andrew Bailey.

Sementara itu, sejumlah tajuk utama terbaru dari Bloomberg menunjukkan tidak ada lagi pasar tenaga kerja yang ketat di Inggris. “Jumlah orang yang tersedia untuk bekerja di Inggris naik untuk pertama kalinya dalam dua tahun, meredakan salah satu pasar tenaga kerja yang paling ketat dalam lebih dari satu generasi, survei yang disusun oleh S&P Global menunjukkan,” demikian berita tersebut.

Pada baris yang sama, Reuters mengeluarkan berita yang menunjukkan harga rumah Inggris yang optimis dan memungkinkan para├é┬ápembeli GBP/USD untuk tetap optimis menjelang acara data tingkat atas. “Penjualan rumah Inggris pulih hingga mendekati tingkat sebelum pandemi pada bulan Maret, mewakili pemulihan dari bulan September ketika rencana ekonomi yang gagal dari mantan perdana menteri Liz Truss memicu gejolak di seluruh pasar, sebuah survei menunjukkan pada hari Rabu,” lapor Reuters.

Baca Juga : Analisis Harga EUR/USD: Naik Lebih Tinggi Melewati 1,0900 dalam Rising 

Di tempat lain, beberapa komentar terbaru dari Presiden dan CEO Federal Reserve Bank of Minneapolis Neel Kashkari menggoda para bullish Dolar AS dengan mengatakan, “Target inflasi 2% tidak perlu diubah.” Namun, para pengambil kebijakan The Fed lainnya telah mencatatkan kekhawatiran yang beragam akhir-akhir ini dan menekan Cable. Di antara mereka, Presiden The Fed Philadelphia Patrick Harker mengatakan bahwa Federal Reserve akan terus mencermati data yang tersedia untuk menentukan apa, jika ada, tindakan tambahan yang mungkin perlu mereka ambil. Sebelumnya, Presiden The Fed New York John Williams mengatakan bahwa jika inflasi turun, kita harus menurunkan suku bunga. Lebih lanjut, Presiden The Fed Chicago Austan Goolsbee, mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka perlu berhati-hati dalam menaikkan suku bunga setelah perkembangan terakhir di sektor perbankan.

Perlu dicatat bahwa IMF merevisi turun proyeksi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) riil global untuk tahun 2023 menjadi 2,8% dari 2,9% pada laporan bulan Januari. Namun, pemberi pinjaman global ini membela perjuangan bank-bank sentral utama dalam melawan inflasi dan gagal memberikan sinyal utama bagi para pedagang pasangan GBP/USD.

Dengan latar belakang ini, Kontrak Berjangka S&P 500 tetap tidak memiliki arah setelah penutupan Wall Street yang bervariasi sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bergerak lebih tinggi dan mendorong para penjual Dolar AS.

Selanjutnya, prakiraan pasar menunjukkan bahwa IHK utama akan turun ke 5,2% YoY versus 6,0% sebelumnya sementara Risalah Rapat FOMC perlu mempertahankan lintasan kenaikan suku bunga untuk menghentikan kenaikan GBP/USD. Yang juga penting untuk diperhatikan adalah pertemuan antara Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak di Irlandia Utara (NI).

Analisis Teknikal

Meskipun garis resistance turun berusia satu minggu membatasi kenaikan GBP/USD di dekat 1,2445, sisi bawah pasangan Cable tetap ambgiu  kecuali jika pasangan mata uang ini tetap berada di luar garis support naik dari akhir Maret, di sekitar 1,2370 pada saat berita ini ditulis.

LEVEL-LEVEL TEKNISGBP/USD

TINJAUAN
Harga terakhir hari ini1.2432
Perubahan harian hari ini0.0007
Perubahan harian hari ini %0.06
Pembukaan harian hari ini1.2425
TREN
SMA 20 Harian1.2317
SMA 50 Harian1.2158
SMA 100 Harian1.217
SMA 200 Harian1.1906
LEVEL
Tinggi Harian Sebelumnya1.2457
Rendah Harian Sebelumnya1.2381
Tinggi Mingguan Sebelumnya1.2525
Rendah Mingguan Sebelumnya1.2275
Tinggi Bulanan Sebelumnya1.2424
Rendah Bulanan Sebelumnya1.1803
Fibonacci Harian 38,2%1.2428
Fibonacci Harian 61,8%1.241
Pivot Point Harian S11.2385
Pivot Point Harian S21.2344
Pivot Point Harian S31.2308
Pivot Point Harian R11.2461
Pivot Point Harian R21.2497
Pivot Point Harian R31.2537

This Post Has One Comment

Comments are closed.