Prakiraan Harga Emas: XAU/USD Lakukan Pemulihan di Atas $1.900, Perhatikan Yield Obligasi Treasury AS, NFP

  • Harga Emas memantul dari level terendah tiga minggu namun bersiap untuk pelemahan mingguan terbesar sejak pertengahan Juni.
  • Penembusan support teknis utama dan Dolar AS yang lebih kuat secara keseluruhan membebani harga XAU/USD.
  • Sebagian besar data AS yang optimis, berita China dan imbal hasil obligasi Treasury Amerika Serikat mendorong Greenback, mendukung para penjual Emas.
  • Para penjual emas membutuhkan NFP AS yang lebih kuat dan Tingkat Pengangguran yang lebih rendah untuk mempertahankan kendali.

Harga Emas (XAU/USD) menggambarkan konsolidasi pra-data yang khas saat pasar bersiap untuk laporan ketenagakerjaan Amerika Serikat untuk bulan Juni, naik 0,10% dalam perdagangan harian di dekat $1.935 pada Jumat pagi. Dengan demikian, harga XAU/USD pulih dari level terendah dalam tiga minggu terakhir, yang dicatatkan pada hari sebelumnya. Terlepas dari posisi sebelum data, imbal hasil obligasi Treasury AS yang tidak aktif juga memungkinkan Harga Emas untuk menggambarkan pemantulan korektif dari level terendah beberapa hari.

Harga Emas Pulih karena Pasar Bersiap untuk Data Utama Amerika Serikat, Imbal Hasil Turun

Harga Emas pulih di tengah melemahnya Dolar AS dan pergerakan pasar obligasi yang lesu. Namun, kekhawatiran yang membayangi kenaikan suku bunga Federal Reserve (The Fed) pada bulan September, serta mood risk-off pasar, dan posisi imbal hasil obligasi pemerintah AS pada level yang mengkhawatirkan menantang para pembeli XAU/USD.

Baca Juga : GBP/USD Bertahan di Dekat Terendah Multi-Minggu, Berosilasi dalam Kisaran di......

Statistik Amerika Serikat yang baru-baru ini dirilis sebagian besar optimis dan menunjukkan satu kenaikan suku bunga lagi pada tahun 2023 oleh The Fed, meskipun kemungkinannya terlalu rendah. Selain itu, kekhawatiran ekonomi yang berasal dari penurunan peringkat kredit AS dan ketegangan AS-Tiongkok merupakan hal positif tambahan untuk Dolar AS, yang pada gilirannya membebani harga Emas.

Meskipun demikian, IMP Jasa ISM AS turun ke 52,7 untuk bulan Juli dari 53,9 sebelumnya, dibandingkan 53,0 prakiraan pasar. Perincian Survei Jasa ISM mengungkap bahwa Indeks Ketenagakerjaan dan Indeks Pesanan Baru juga lebih lemah, namun Harga yang Dibayarkan melonjak ke level tertinggi tiga bulan.

Lebih lanjut, Pesanan Pabrik AS meningkat ke 2,3% MoM untuk bulan Juni dibandingkan 0,4% sebelumnya (direvisi) dan 2,2% prakiraan pasar sementara Klaim Pengangguran Awal sesuai dengan angka yang diharapkan 227 Ribu untuk minggu yang berakhir pada 28 Juli dari 221 Ribu sebelumnya.

Selain itu, pembacaan awal Produktivitas Nonfarm untuk kuartal kedua (Q2) naik sebesar 3,7% dibandingkan dengan 2,0% yang diharapkan dan -1,2% pembacaan sebelumnya, sementara Biaya Tenaga Kerja Unit turun ke 1,6% untuk periode tersebut dibandingkan dengan 2,6% konsensus dan 3,3% sebelumnya.

Di tempat lain, para pengambil kebijakan AS bergegas untuk mempertahankan obligasi Treasury setelah Fitch Ratings memangkas peringkat kredit AS menjadi AA+ dari AAA. Hal yang sama bergabung dengan ketegangan AS-Tiongkok yang sedang berlangsung, serta kekhawatiran akan pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah di Tiongkok, tang membebani sentimen dan XAU/USD. Baru-baru ini, Reuters mengeluarkan berita yang menyatakan bahwa tokoh-tokoh penting Partai Republik mendesak Biden untuk menetapkan pembatasan luas pada investasi AS di Tiongkok. Di sisi lain, Gubernur People’s Bank of China, Pan Gongsheng, terlihat bertemu dengan para pengembang properti besar dari Tiongkok dan meyakinkan mereka untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk mempertahankan sektor perumahan.

Di tengah-tengah permainan ini, Kontrak Berjangka S&P500 mencetak kenaikan tipis dan imbal hasil obligasi Treasury AS tetap berada di level tertinggi beberapa hari, yang pada gilirannya mendorong pembeli Dolar AS dan memungkinkan Harga Emas naik lebih tinggi. Meskipun demikian, imbal hasil obligasi Treasury AS bertenor 10-tahun naik ke level tertinggi baru sejak November 2022 sebelum mengakhiri hari perdagangan mendekati 4,18% sedangkan indeks-indeks acuan Wall Street menandai kerugian ringan pada akhir sesi Amerika Utara hari Kamis. Perlu dicatat bahwa imbal hasil obligasi AS sedang menuju ke level yang mengkhawatirkan yang sebelumnya memicu kesulitan ekonomi, yang pada gilirannya menggoda para pembeli Dolar AS karena daya tariknya sebagai aset safe haven dan membebani XAU/USD.

NFP AS adalah Kunci bagi Penjual XAU/USD yang Mempertahankan Penurunan Mingguan

Meskipun tidak banyak yang terjadi di area risiko lainnya, para penjual Emas akan terus mengawasi laporan ketenagakerjaan Amerika Serikat untuk bulan Juli untuk mendapatkan arah yang jelas, untuk membenarkan kenaikan suku bunga Federal Reserve (The Fed) pada bulan September dan mendukung para pembeli Dolar AS.

Meski begitu, sinyal awal untuk laporan ketenagakerjaan telah positif namun Nonfarm Payrolls (NFP) utama sesuai dengan prakiraan pasar yang suram, kemungkinan melemah ke 200 Ribu versus 209 Ribu sebelumnya. Lebih lanjut, Tingkat Pengangguran kemungkinan akan tetap statis di 3,6%.

Analisis Teknis Harga Emas

Harga Emas membenarkan penembusan ke bawah dari garis tren naik selama lima minggu dan SMA 200 sambil menjaga para penjual tetap waspada terhadap pergerakan ke selatan.

Meski begitu, sinyal bearish indikator Moving Average Convergence and Divergence (MACD) menambah keyakinan pada bias turun, namun kondisi garis Relative Strength Index (RSI) yang hampir jenuh jual, yang berada di level 14, menempatkan dasar di bawah harga XAU/USD.

Terlepas dari RSI yang suram, sejumlah puncak dan terendah yang dicatat sejak pertengahan Juni juga menantang para penjual Emas di dekat $1.930.

Setelah itu, zona support horizontal berusia enam minggu di dekat $1.915 dan kisaran $1.900, dengan cepat diikuti oleh level terendah tahunan yang ditandai pada bulan Juni di sekitar $1.893, akan menghibur para penjual XAU/USD.

Sementara itu, konvergensi SMA 200 dan garis support yang berubah menjadi resistance yang membentang dari akhir Juni, baru-baru ini di sekitar $1.940, akan menjaga pemulihan Harga Emas dengan segera.

Jika XAU/USD tetap menguat melewati $1.940, puncak mingguan di sekitar $1.972 dapat memikat para pembeli sebelum menantang mereka dengan area yang terdiri dari beberapa puncak yang dicatat sejak 19 Mei, di sekitar $1.985 pada saat berita ini ditulis.

Kesimpulannya, Harga Emas tampaknya siap untuk menyaksikan penurunan lebih lanjut meskipun jalan menuju ke selatan panjang dan bergelombang.

Harga Emas: Grafik Empat Jam

Tren: Diprakirakan akan terjadi penurunan lebih lanjut

LEVEL-LEVEL TEKNIS XAU/USD

TINJAUAN
Harga terakhir hari ini1936.82
Perubahan harian hari ini2.76
Perubahan harian hari ini %0.14
Pembukaan harian hari ini1934.06
TREN
SMA 20 Harian1953.65
SMA 50 Harian1945.24
SMA 100 Harian1968.86
SMA 200 Harian1893.5
LEVEL
Tinggi Harian Sebelumnya1939
Rendah Harian Sebelumnya1929.57
Tinggi Mingguan Sebelumnya1982.2
Rendah Mingguan Sebelumnya1942.65
Tinggi Bulanan Sebelumnya1987.54
Rendah Bulanan Sebelumnya1902.77
Fibonacci Harian 38,2%1933.17
Fibonacci Harian 61,8%1935.4
Pivot Point Harian S11929.42
Pivot Point Harian S21924.78
Pivot Point Harian S31919.99
Pivot Point Harian R11938.85
Pivot Point Harian R21943.64
Pivot Point Harian R31948.28

This Post Has One Comment

Comments are closed.