EUR/USD Pulih dari Penurunan di Atas 1,0840, Fokus pada Data PDB Jerman dan Zona Euro

  • EUR/USD pulih ke 1,0841 karena Dolar AS yang lebih lemah.
  • Kazimir dari ECB mengatakan bahwa bank sentral tidak akan terburu-buru menurunkan suku bunga untuk menghindari penurunan inflasi.
  • Federal Reserve (The Fed) kemungkinan akan mempertahankan suku bunga acuannya untuk keempat kalinya berturut-turut.
  • Laporan Produk Domestik Bruto (PDB) Jerman dan Zona Euro Q4 akan dirilis pada hari Selasa.

Pasangan EUR/USD memulihkan beberapa penurunan di bawah pertengahan 1,0800-an selama awal jam perdagangan Asia pada hari Selasa. Pemulihan pasangan mata uang utama ini didorong oleh penurunan moderat Dolar AS (USD) dan imbal hasil obligasi pemerintah AS yang lebih rendah. Para investor menunggu Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal keempat dari Jerman dan Zona Euro menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market CommitteeFOMC) pada hari Rabu. Pasangan mata uang utama tersebut saat ini diperdagangkan di dekat 1,0841, naik 0,09% pada hari ini.

Anggota Dewan Pemerintahan Bank Sentral Eropa (ECB) Peter Kazimir mengatakan bahwa bank sentral tidak akan terburu-buru memangkas suku bunga untuk menghindari penurunan inflasi. Kazimir menambahkan bahwa akan sangat beresiko untuk bertindak cepat dalam merespon kejutan jangka pendek tanpa memiliki kejelasan lebih lanjut mengenai jangka menengah. Selain itu, Gubernur Bank of France François Villeroy de Galhau menyatakan bahwa ECB akan memangkas suku bunga tahun ini dan semuanya akan terbuka pada pertemuan berikutnya pada 7 Maret.

Baca Juga : Dolar Australia Melayang di Bawah Level Psikologis di Tengah Menguatnya

Produk Domestik Bruto (PDB) Zona Euro kuartal keempat akan dirilis pada hari Selasa, yang diperkirakan berkontraksi 0,1% QoQ dan tetap stabil secara tahunan. Jika laporan tersebut menunjukkan hasil yang lebih lemah dari perkiraan, hal ini dapat memberikan tekanan jual pada Euro (EUR) dan menjadi penghalang bagi pasangan EUR/USD.

Di seberang sana, Federal Reserve (The Fed) kemungkinan akan mempertahankan suku bunga acuannya untuk keempat kalinya berturut-turut. Meskipun begitu, ada kemungkinan bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin (bp) di bulan Maret. Menurut CME FedWatch Tool, para pedagang berjangka telah memperkirakan kemungkinan 45,9% bahwa the Fed akan memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam siklus ini pada pertemuan bulan Maret.

Ke depan, angka pertumbuhan PDB Jerman dan Zona Euro untuk kuartal keempat akan dirilis pada hari Selasa. Di AS, data Lowongan Kerja JOLTS AS dan indeks Kepercayaan Konsumen dari Conference Board akan dirilis. Perhatian akan beralih ke pertemuan FOMC pada hari Rabu.